Senin, 06 Desember 2010

Bab Reproduksi Naskah


A. RINGKASAN DAN IKHTISAR

1. Pengertian Ringkasan dan Ikhtisar

Ringkasan ( Precis ) adalah suatu cara yang efektif untuk menyajikan suatu karangan yang panjang dalam bentuk yang singkat. Kata precis yang dipakai untuk pengertian ini sebenarnya berarti ‘memotong’ atau ‘memangkas’. Sebab itu membuat ringkasan atas sebuah karangan yang panjang, dapat diumpamakan sebagai memangkas sebatang pohon sehingga tinggal batang, cabang-cabang dan ranting-ranting yang terpenting beserta daun-daun yang diperlukan, sehingga tampak bahwa esensi pohon masih dipertahankan.

Ringkasan hendaknya dibedakan pula dari istilah lain yang pengertiannya tumpang-tindih yaitu ikhtisar, yang juga merupakan suata bentuk penyajian yang singkat dari suatu karangan asli. Walaupun dalam kenyataannya kedua istilah itu sering dicampur-adukan, namun secara teknis lebih baik kalau kedua istilah itu dibedakan maknanya. Ringkasan merupakan penyajian singkat dari suatu karangan asli tetapi dengan tetap mempertahankan urutan isi dan sudut pandang pengarang asli. Sedangkan ikhtisar sebaliknya tidak perlu mempertahankan urutan karangan asli, tidak perlu memberikan isi dari seluruh karangan itu secara proposional.

2. Tujuan Membuat Ringkasan

Tujuan ringkasan adalah memahami dan mengetahui isi sebuah buku atau karangan, maka latihan-latihan untuk maksud tersebut akan membimbing dan menuntun seseorang agar dapat membenci karangan asli dengan cermat, dan bagaimana harus menulisnya kembali dengan tepat.

3. Cara Membuat Ringkasan

Beberapa pegangan yang diperlukan untuk membuat ringkasan yang baik dan teratur, adalah sebagai berikut :

(1) Membaca naskah asli : penulis ringkasan harus membaca naskah asli seluruhnya beberapa kali untuk mengetahui kesan umum dan maksud pengarang, serta sudut pandang.

(2) Mencatat gagasan utama : semua gagasan utama atau gagasan yang penting dicatat atau digaris bawahi .

(3) Membuat reproduksi : sebagai langkah ketiga penulis ringkasan menyusun kembali suatu karangan singkat (ringkasan) berdasarkan gagasan-gagasan utama sebagaimana dicatat dalam langkah kedua di atas.

(4) Ketentuan tambahan : disamping ketiga langkah di atas masih ada beberapa ketentuan tambahan yang perlu diperhatikan pada waktu menyusun ringkasan (langkah ketiga).

3.1 Membaca Naskah Asli

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh penulis ringkasan adalah membaca naskah asli satu atau dua kali, kalau perlu diulang beberapa kali untuk mengetahui kesan umum tentang karangan itu secara menyeluruh.

3.2 Mencatat Gagasan Utama

Seperti halnya dengan langkah pertama yang mempergunakan judul dan daftar isi sebagai pegangan, maka untuk mengadakan pencatatan gagasan utama ini judul-judul bab, judul anak bab dan alinea yang harus dijadikan sasaran pencatatan, kalau perlu gagasan bawahan alinea yang betul-brtul esensil untuk memperjelas gagasan utama tadi juga dicatat.

3.3 Mengadakan Reproduksi

Bila diantara gagasan yang telah dicatat ada yang masih kabur, maka ia dapat melihat kembali teks asalnya. Namun dalam hal-hal lain hendaknya teks asli jangan dipergunakan lagi, agar jangan tergoda menggunakan kalimat dari pengarang asli. Kalimat pengarang asli hanya boleh digunakan bila kalimat itu dianggap penting karena merupakan kaidah, kesimpulan atau perumusan yang padat.

3.4 Ketentuan Tambahan

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar ringkasan itu diterima sebagai suatu tulisan yang baik

a. Sebaiknya dalam menyusun ringkasan dipergunakan kalimat tunggal dari pada kalimat majemuk.

b. Bila mungkin ringkaskanlah kalimat menjadi frasa, frasa menjadi kata.

c. Jumlah alinea tergantung dari besarnya ringkasan dan jumlah topik utama yang akan dimasukkan ke dalam ringkasan.

d. Bila mungkin semua keterangan atau kata sifat dibuang ; kadang-kadang sebuah kata sifat atau keterangan masih dipertahankan untuk menjelaskan gagasan umum yang tersirat dalam rangkaian.

e. Pertahankan susunan gagasan asli, serta ringkaskanlah gagasan-gagasan itu dalam urutan seperti urutan naskah asli.

f. Untuk membedakan ringkasan atau sebuah tulisan biasa (bahasa tak langsung) dan sebuah pidato atau ceramah (bahasa langsung) yang mempergunakan sudut pertama tunggal atau jamak, maka ringkasan pidato atau ceramah itu harus ditulis dengan sudut pandang orang ketiga.

g. Biasanya untuk suatu ringkasan ditentukan pula panjang ringkasan finalnya.


PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

I. PENDAHULUAN

“Banyak masalah berat yang dihadapi pada awal replita I : masalah kurikulum, ketidakseimbangan tingkat dan jenis pendidikan, penampungan murid dan masalah putus sekolah ; kekurangan tenaga pendidikan, dan kurangnya mutu keahlian dan fasilitas ; kekurangan kerjasama dan tiadanya sistem informasi.”

Jumlah kata riil dari kutipan asli adalah sebanyak 198 kata, sehingga seperlimanya menjadi ± 40 kata. Hasil final ringkasan di atas adalah sebanyak 39 kata, tepat sama dengan perkiraan, lebih banyak 0,5 dari perhitungan yang riil. Sedangkan jumlah barispun sesuai dengan perkiraan yaitu sekitar 4,5 baris. Sehingga dengan demikian ringkasan ini dapat diterima sebagai ringkasan yang baik dan memenuhi syarat.


B. RESENSI

1. Pengertian Resensi

Resensi adalah suatu tulisan atau ulasan mengenai nilai sebuah hasil karya atau buku. Tujuan resensi adalah menyampaikan kepada para pembaca apakah sebuah buku atau hasil karya itu patut mendapat sambutan dari masyarakat atau tidak.

Dalam arti yang lebih luas, resensi itu dibuat juga untuk memberikan pertimbangan-pertimbangan terhadap karya-karya seni lainnya, seperti drama, film, sebuah pementasan dan sebagainya.

2. Dasar Resensi

Penulis resensi harus benar-benar memperhatikan kewajiban mana yang harus dipenuhi dalam membuat resensi itu, yaitu kewajiban terhadap para pembaca, dan bagaimana penilaian atas buku itu.

3. Sasaran Resensi

Pokok-pokok yang dapat dijadikan sasaran penilaian sebuah buku atau karya adalah :

a. Latar Belakang

Semua hal yang menyangkut latar belakang buku itu yang kiranya perlu diketahui oleh pembaca. Dengan demikian sebelum masuk ke dalam teknis penilaian, para pembaca sudah mengetahui serba sedikit mengenai buku.

b. Macam atau Jenis Buku

Mengadakan klasifikasi mengenai buku, dengan memasukkannya ke dalam kelas buku tertentu maka dengan mudah ia dapat menunjukkan persamaan dan perbedaan dengan buku-buku yang lain yang termasuk dalam kelompok yang sama itu. Dengan klasifikasi ia dapat melihat kesemua sisi, dan secara lebih konkrit nanti memberi penilaiannya. Dengan mengadakan perbandingan itu pembaca-pembaca akan merasa tertarik, dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang isi buku tersebut secara terperinci.

c. Keunggulan Buku

Mengenai keunggulan buku, penulis resensi pertama-tama mempersoalkan organisasinya. Yang dimaksud dengan organisasi adalah kerangka buku itu. Yang kedua penulis resensi mempersoalkan bagaimana isinya.

Hal yang ketiga dari masalah keunggulan buku adalah masalah bahasa. Dan yang terakhir yang dapat dikemukakan oleh penulis resensi dalam memberikan penilaiannya adalah mengenai masalah teknik.

Seorang penulis resensi harus berusaha dengan tepat menunjukkan keunggulan buku itu dengan memberikan penilaian langsung, dengan memberikan kutipan-kutipan yang tepat dan menunjukkan pertalian yang kompak antara bagian-bagiannya.

4. Nilai Buku

Nilai sebuah buku baru akan lebih jelas bila dibandingkan dengan karya-karya lainnya, baik yang ditulis oleh pengarang itu sendiri, maupun yang ditulis oleh pengarang-pengarang yang lainnya.

5. Penerapan

Dengan tidak mengabaikan kemungkinan variasi membuat resensi atas sebuah buku atau hasil karya seni yang lainnya. (Eyang Ageng Sastranegara).


Nama : Ezra Meriyanti S.

NPM : 17109243

Kelas : 5KA22

Jurusan : Sistem Informasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar